Skip ke Konten

Adaptasi New Normal, TIPD Kuatkan Inovasi Layanan Akademik Berbasis IT

11 Juni 2020 oleh
khaerunnisaihwan

Adaptasi New Normal, TIPD Kuatkan Inovasi Layanan Akademik Berbasis IT

PAREPARE — TIPD IAIN Parepare terus mengembangkan inovasi Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) seiring dengan kondisi pandemik yang belum usai.

Diantaranya adalah upaya menghadiran layanan akademik secara komprehensif untuk memudahkan mahasiswa dalam melaksanakan proses pengurusan administrasi akademik. Mengawali langkah tersebut, TIPD melaksanakan Workshop penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIM Akademik) Sisfo Cloud, Kamis (11/6/2020).

Workshop online menggunakan zoom diikuti peserta di Kantor masing-masing dan dipandu trainer dari Kantor Sentra Vidya Utama, Surabaya.

Peserta workshop adalah pelaksana adminstrasi akademik lingkup IAIN Parepare antara lain Kabag AKK Institusi, Kabag TU Tarbiyah, Kepala dan Staf TIPD, Kasubag AKK Institusi, pelaksana administrasi AKK Institusi, Kasubag AKA Fakultas Fuad, Tarbiyah, Febi, Fakshi, Admin Akademik Fakultas, Kasubag TU Pasca Sarjana dan admin Akademik Pasca Sarjana.

Workshop Online melalui Zoom Meeting

Kepala TIPD Sufyaldy mengatakan, inovasi ini dikembangkan sebagai adaptasi terhadap kondisi pandemi. Sebab inovasi TIK menjadi salah satu solusi agar kualitas layanan tetap memiliki performa yang baik terutama dalam layanan akademik. Adapun materi yang diberikan kepada peserta yakni memberikan pemahaman dan keterampilan dalam penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIM Akademik) Sisfo Cloud, meliputi : cara akses masuk ke sistem, membuat data referensi, proses pembuatan kelas kuliah, pengelolaan perwalian, proses kartu rencana studi, proses realisasi perkuliahan, proses penilaian, proses proposal skripsi, proses skripsi, proses yudisium, pengelolaan operasional perkuliahan, pengelolaan data wisuda, pengelolaan setting akademik, pengelolaan data mahasiswa dan pegawai, serta usulan perbaikan proses.

“Jadi pelatihan ini penekanannya yakni pengenalan fitur dan fungsi. Kemudian untuk follow up selanjutnya ada beberapa channel support disiapkan. Baik di aplikasinya sendiri, group wa, video tutorial, email dan lainnya yang akan disiapkan,” ujar Sufyaldi.

Salah satu peserta workshop, Rafil mengungkapkan aplikasi tersebut sangat bagus dalam membantu layanan administrasi.

“Aplikasi ini sangat bagus fitur-fiturnya, walaupun agak rumit namun seiring dengan waktu akan mudah dan Insya Allah kami bisa menggunakan jika sudah di biasakan,” kata Rafil. (*)

Penulis : Nurhakki

Editor : Alfiansyah Anwar


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 11 Juni 2020
BAGIKAN POSTINGAN ini
Label
Arsip